5 Alasan Masih Tingginya Harga Panel Surya di Indonesia

harga panel surya, panelsuryajakarta, artikel panel suryaHarga Panel Surya – Seiring berkembangnya elektronik dan gadget yang semakin maju, manusia seakan tidak bisa terlepas dari kebutuhan dasar akan listrik, karena listrik menjadi penyumbang sumber daya terbesar untuk perangkat tersebut. Namun sayangnya kebutuhan yang tinggi akan listrik masih dibebankan kepada PLN (Pembangkit Listrik Negara).

Untuk itu diperlukan alternatif sumber energi listrik yang mandiri dan praktis seperti pemanfaatan tenaga surya. Pemanfaatan tenaga surya yang paling populer sekarang adalah panel surya. Panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi surya menjadi listrik. Pada penerapannya panel surya adalah komponen yang paling penting, karena panel surya menjadi sumber pembangkit listrik.

Dibandingkan dengan beberapa negara luar yang lebih aktif menggunakan panel surya seperti Jerman, Spanyol, Italia, Jepang dan Amerika Serikat. Indonesia memang belum termasuk dalam negara pengguna energi surya terbesar. Sehingga menjadi wajar apabila harga panel surya masih disebut lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga panel di luar negeri.

Sebagai perbandingan harga panel surya di dunia pada semester kedua tahun 2017 ini berada kisaran Rp. 5.500,-/Wp, sedangkan harga rata-rata panel surya non TKDN di Indonesia masih lebih tinggi di kisaran harga Rp. 12.000,- sampai Rp. 15.000,- per Wp.

Lebih tingginya harga panel surya di Indonesia hingga tiga kali lipat dibandingkan harga panel surya dunia, bila ditelaah bersama kemungkinan disebabkan oleh 5 alasan sebagai berikut :

  1. Kebanyakan komponen-komponen utama dalam panel surya seperti sel surya masih diimpor. Pabrik-pabrik panel surya yang ada di Indonesia memang belum mampu memproduksi seluruh komponen panel surya sendiri. Inilah menjadi penyebab harga panel surya di Indonesia belum mampu bersaing.
  2. Tingginya biaya distribusi dan pengiriman komponen impor secara tidak langsung memberi andil tingginya harga panel surya di Indonesia.
  3. Pajak dan biaya masuk barang impor juga menjadi tambahan tingginya harga jual panel surya di Indonesia.
  4. Masih rendahnya permintaan pasar dalam negeri untuk menggunakan panel surya sebagai sumber listrik menyebabkan gairah persaingan bisnis di sektor ini relatif belum terlihat.
  5. Dorongan dari pemerintah dalam bentuk kebijakan-kebijakan agar bisnis energi surya semakin berkembang di Indonesia dirasa belum maksimal.

 Itulah alasan masih tingginya harga jual panel surya di Indonesia bila dibandingkan dengan harga panel surya dunia, diharapkan pemerintah dan masyarakat bekerjasama dan semakin sadar untuk menggunakan energi surya sebagai sumber listrik alternatif sehingga panel surya menjadi semakin terjangkau.

Untuk Katalog Produk Klik Disini

Cari Produk

Kontak Kami

PANEL SURYA JAKARTA
Jl. Tembok Kayu Putih
Pulogadung
Jakarta Timur - INDONESIA
021-85504387 ( Jam Kantor / Office Hour )
Workshop & Warehouse
Jakarta Barat


Info : Jika Anda Ingin Berkunjung ke Workshop / Kantor Mohon Konfirmasi ke Sales Consultant Kami

Email : panelsuryajakarta@gmail.com
admin@panelsuryajakarta.com

website : www.panelsuryajakarta.com

Hubungi Kami Handphone 1 :
0812 837 837 22 ( Whatsapp )

Hubungi Kami Handphone 2 :
0857 158 158 22

BBM 1 : D9B3E005